Home

 

SUMMERCAMP 9

Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh,

Salam Sejahtera bagi kita semua ....

Dengan semangat cinta kepada anak-anak Yatim dan Cinta Tanah Air, Yayasan Satu Benih yang didukung oleh para donatur serta relawan, baik perusahaan maupun individu menyelenggarakan kembali acara tahunan anak-anak yatim untuk mengisi liburan sekolah : Summercamp, yang tahun ini merupakan tahun yang ke 9. Kegiatan ini insyaAlloh diselenggarakan pada hari Jum'at – Minggu, 29 Juni - 1 Juli 2018 di Rumah Yatim Satu Benih, yang akan diikuti oleh sekitar 1.500 anak yatim dari rumah yatim, komunitas, paguyuban dan lembaga pendidikan yatim dari wilayah Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, dan Lampung.

Kami berharap dukungan dan partisipasi Bapak / Ibu untuk turut serta memberikan kebahagiaan kepada anak-anak yatim pada kegiatan ini, partisipasi dan donasi dapat disalurkan melalui :

Bank Mandiri, A/C : 155-00-0471102-7 a.n : Yay. Satu Benih

Bank BRI, A/C : 1144-01-000645-30-4 a.n : Yay. Satu Benih

Bank BNI, A/C : 0333-059-025 a.n : Yay. Satu Benih

Bank Muamalat, A/C : 3380-004-352 a.n : Yay. Satu Benih

Bank BCA, A/C : 884-0735-053 a.n : Purnomosidi Dicky H

 Link Halaman Summercamp 9 - 2018

 

 

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1438 H

 

Selamat Idul Fitri 1438 H

 

SUMMERCAMP 8

Tanggal 7 - 9 Juli 2017 di Rumah Yatim Satu Benih, Tenjo - Bogor diselenggarakan Event Akbar Anak Yatim dari 4 Provinsi

Summercamp VIII - 2017

SC 8

 

YAYASAN KOMUNITAS SATU BENIH INDONESIA

Yayasan Komunitas Satu Benih Indonesia yang disebut dengan Satu Benih, berawal dari sebuah gerakan kepedulian sosial dari beberapa karyawan BUMN dan para relawan yang bergabung membentuk Organisasi Satu Benih pada tahun 2007 dan membentuk sebuah gerakan Orang Tua Asuh bagi anak-anak yatim pada keluarga yang kurang mampu, dengan tujuan agar anak-anak yatim tersebut bisa terus melanjutkan pendidikannya, sehingga dapat menjadi anak yang berguna bagi keluarga dan lingkungannya.

Nama Satu Benih diambil dari Al Qur’an Surat Al Baqarah ayat 261 :

   
"Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui."   (Al Baqarah : 261)

Allah memberikan perumpamaan untuk orang-orang yang menginfakan harta di jalanNya seperti satu benih yang tumbuh tujuh bulir. Dan di dalam setiap bulir tumbuh seratus biji.  Satu benih mewakili seluruh kebaikan di jalan Allah. Dan salah satu di antara bentuk Infak tersebut adalah dengan menyantuni anak yatim dan kaum dhuafa.

Gerakan yang bermula dari bantuan rutin, kemudian bergerak maju ke dalam bentuk santunan pendidikan dan beasiswa. Seiring perjalanan waktu, mengingat kondisi pendidikan di kalangan anak-anak yatim dan dhuafa di daerah yang tidak tersentuh oleh bantuan dan beasiswa semakin hari semakin bertambah, maka Satu Benih mulai merambah untuk membangun sebuah Rumah Yatim.

Untuk mengurus Rumah Yatim, pada tahun 2010 dibentuklah Yayasan Komunitas Satu Benih Indonesia (Satu Benih), perkembangan berikutnya selain mengurusi Rumah Yatim, Satu Benih mengelola Gerakan Wakaf Al-Quran 'Majma'il Bahrain, Lembaga ZisWaf Satu Benih, Masjid Satu Benih 'Nuurun ala Nuurin', dan Pesantren 'Seribu Bulan'

Visi
Menggapai Ridha Allah melalui benih amal kebaikan yang kelak menjadi penolong di Yaumil Hisab

Misi
Mencintai anak yatim dan dhuafa seperti Rasulullah Muhammad mencintai mereka.
Memotong mata rantai kemisikinan dan kebodohan melalui pendidikan yang berkesinambungan.
Menginvestasikan harta ke dalam Deposito Akhirat.

 

Legalitas Yayasan Komunitas Satu Benih Indonesia

Notaris Silvia Abbas, SH  No Akta : 18/2010 Tanggal 16 Februari 2010
SK. Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia RI No. AHU-2011.AH.01.04 Tahun 2011
Izin Dinas Sosial No. 062/3622/PPSKS/2012 Tanggal 9 Mei 2012
No NPWP : 03.028.690.0-416.000

 

  

Lokasi

Rumah Yatim Satu Benih yang berdiri diatas lahan wakaf dari para wakif seluas 9.088 m2 dengan alamat Kampung Dungus Biuk RT 02/05, Desa Babakan, Kecamatan Tenjo, Bogor.

 

Koordinat : 6°21'8.6"S 106°28'47.24"E


View Satu Benih in a larger map

  

 "UNTUK PARA PEJUANG"

Peluhmu yang bercucuran menebas batang bambu di tengah teriknya matahari dan lebatnya air hujan, biarkanlah menetes ke permukaan tanah dan menguap ke angkasa raya, karena kelak peluh itu akan bercerita, bahwa tenaga yang engkau kuras merupakan senandung cinta kepada Sang Pemilik Sejati Manusia

Tanganmu yang kotor bercampur lumpur dan kotoran, biarkanlah meresap ke dalam pori-porimu, karena ia berirama dengan seluruh sel-sel darahmu menyanyikan tasbih cinta kepada Tuhan Pemilik Jagat Raya

Badanmu yang penat kelelahan membangun rumah cintaNya, biarkanlah tenggelam dalam tidur lelapmu, bahwa dulu tubuhmu kau tenggelamkan dalam doa-doa para Malaikat penyangga Arsy

Kakimu yang berdarah terkena kepingan bambu tajam, biarkanlah menetes ke dalam perut bumi. Karena kelak, darah yang tumpah ke dalamnya akan menjadi saksi, bahwa kakimu bersenandung zikir membangun tempat untuk anak-anak yatim kekasihNya.

Harta yang engkau korbankan, biarkanlah terus menerus engkau keluarkan dengan ikhlas, karena harta itu sesungguhnya yang akan menjadi milik sejati pada saat jasad masuk ke dalam liang lahat hingga hari kiamat.

Biarkanlah... biarkanlah... biarkanlah.....

Seluruh anggota tubuhmu, perasaanmu, pikiranmu, tenagamu, peluh dan darahmu, waktumu dan hartamu... larut dalam gelombang samudera cinta sejati milikNya.......

Karena itu semua menjadi Satu Benih Kebajikan yang akan melahirkan ketidakterhinggaan bulir kebajikan berikutnya...